Ini 5 Ramalan Trending Media Sosial di Indonesia Pada 2018

Teknologi-BLOGGERCIREBONS.CO.ID, Siap-siap pintu gerbang tahun 2018 masehi akan segera dimulai. Para pebisnis yang berkecimpung di media sosial pasti sangat mengamati perubahan dinamika warganet di dunia, khususnya di Indonesia.

Perubahan migrasi setiap tahun akan terus mengalami perubahan. Terutama soal jumlah pengguna akun media sosial seperti facebook, twitter, instagram, youtube, pinterest, line, whatsapp, telegram, dan lain sebagainya.

Indikator-indikator statistik itu harus di pahami dan dicermati dengan seksama, agar kita bisa ikut memanfaatkan momentumnya. Penggunaan dan trend sosial media di Indonesia tentu turut dipengauhi dengan fasilitas dalam bermain di internet.

Migrasi 3G ke 4G tentu membuat pengguna facebook di Indonesia migrasi ke layanan instagram yang berbasis data gambar. Meskipun hingga saat ini terbanyak pengguna media sosial di Indonesia adalah masih banyak di Facebook.

Owner dari CirebonOnlineShop.com mencatat perbandingan transaksi penjualan, berdasarkan hasil survey pelanggannya. Mencatat masih banyak konsumen yang datang berasal dari facebook, youtube, whatsapp, dan terakhir instagram.

Berikut adalah trend penggunaan media sosial yang terjadi di Indonesia sepanjang 2018.

1. Facebook
Di tahun 2018, beberapa perusahaan jasa telekomunikasi di Indonesia bakal memamerkan produk baru mereka. Mulai dari 4,5 G, hingga produk baru mereka 5G. Jika ini betul terjadi. Maka dapat dipastikan akses internet akan semakin kencang dan tinggi. Itu artinya masyarakat akan lebih suka menonton video dibandingkan gambar.

Namun, facebook baru-baru ini memiliki fitur video terbaru. Hingga layanan chat-nya yang terus diperbaharui. Di tahun 2018, dominasi facebook masih tinggi. Dari populasi yang mendakati angka 7 miliar umat manusia, facebook mengklaim penggunanya sudah berada di angka 1 miliarnya.

Facebook masih diminati lantaran aplikasi ini jarang terjadi disconection atau terjadi gagal koneksi. Server facebook pernah mengalami down di awal-awal tahun berdiri, namun dengan sigap facebook memperbesar volume server sehingga kuat hinga saat ini.

2. Youtube
Youtube diprediksi akan menguat dan bertambah penggunanya setelah ada koneksi 5G. Meski ini terlalu ambisius pagi penyedia jasa internet, namun penikmat video di Youtube semakin banyak. Warganet lebih suka video karena lebih lengkap, lebih jelas, dan lebih nyata dibandingkan hanya dengan foto atau gambar.

3. Whatsapp
Aplikasi whatsapp akan menggantikan dominasi BBM. Aplikasi BBM dianggap sebagai sampah, oleh para pengguna media sosial karena hampir setiap bulan mengalami upgrading. Terlalu dijejali iklan, dan sering mengalami gangguan koneksi/hang. Kapasitas ukurannya pun sudah mencapai 700 MB, hampir 1GB. Ini sangat membebani penggunanya, sehingga satu demi satu pengguna melakukan uninstal terhadap aplikasi BBM.

4. Instagram
Pengguna instgram, rata-rata adalah para pelarian pengguna akun media sosial dari path dan twitter. Salah satu alasan larinya para pengguna akun media sosial twitter ke instagram adalah karena karakternya yang terbatas dan unggahan videonya yang terbatas. Bukan hanya itu, instagram juga dari para imigran path, di path terbatas hanya 400 orang. Sedangkan kebutuhan eksistensi warganet ingin pamer di banyak orang dan tak mau dibatasi.

5. Line 
Pengguna line di Indonesia saat ini mengalami trend kenaikan yang signifikan. Ini dipengaruhi oleh gaya berteman orang Indonesia. Secara otomatis, aplikasi ini melakukan indeks terhadap nomor kontak di Hp. Sehingga secara otomatis tersimpan dalam kontak pertemanan Line. Banyak juga yang menggunakan line lantaran ingin melakukan komunikasi langsung secara gratis.

Nah ulasan di atas hanyalah sebuah prediksi semata. Semoga bermanfaat bagi agan-agan semuanya.

Bagikan ke Google Plus

About Santosa SPd

Blogger Cirebon | Media Online Berbasis Komunitas | Telp/SMS : 087829888446 | Wa 08888301091 | E-Mail : bloggercirebons@gmail.com

0 komentar:

Post a Comment