Keraton Kasepuhan Kini Miliki Museum Benda Pusaka Paling Modern

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon | Foto : Santosa
Wisata - BloggerCirebons.co.id, Keraton Kasepuhan resmi memiliki Museum yang terdapat di komplek Keraton. Pada Sabtu 10 Juni 2017 kemarin Sultan Sepuh XIV, Pangeran Raja Adipati Arief Natadiningrat meresmikan dihadapan para jurnalis dan Blogger Cirebons.

Pada kesempatan itu, Pra Arief mengatakan, museum yang terdapat dalam bangunan baru itu  memajang benda-benda pusaka pada era akhir Kerajaan Padjajaran, Sunan Gunungjati, Fatahillah hingga pada saat peradaban menggempur Portugis di Sunda Kelapa, peninggalan Putri Ong Tin Nio, Panembahan Ratu, dan Sultan Kasepuhan Cirebon, dan yang lainnya.

"Selain pertama di Keraton Kasepunan, museum ini juga merupakan museum keraton pertama yang modern di Indonesia," kata Sultan, Sabtu (10/6/2017).

Pihak Keraton Kasepuhan menargetkan bisa menyedot pengunjung hingga 30 ribu wisatawan setiap bulannya. Untuk itulah, kata Sultan, kenyamanan pengunjung merupakan salah satu hal yang penting.

Sultan menjelaskan untuk menunjang kenyamanan, di dalam museum akan dipasang 14 kamera CCTV, serta enam pendingin ruangan, audio visual, dengan 55 lemari lengkap dengan pencahayaan, juga satu ruangan khusus.

Hal yang menarik lainnya dari Museum Kasepuhan ini, ada cafe. "Kafetaria dan khusus cinderamata pun ada. Kita buka hanya di Jumat saja, dari pukul 09.000 WIB hingga 17.00 WIB," lanjut Sultan Arief.

Beliau juga menyatakan bahwa museum yang terletak di belakang Museum Singa Barong itu dipersembahkan untuk bangsa dan negara.

"Menjaga warisan leluhur merupakan kewajiban bersama. Kita ada ini karena leluhur kita ada. Jadi, rawatnya peninggalan pusakanya dan teladani gemilang sejarahnya," demikian tutup Sultan.


Share on Google Plus

About Blogger Cirebon

Blogger Cirebon | Media Online Berbasis Komunitas | Telp/SMS : 087829888446 | Wa 08888301091 | E-Mail : bloggercirebons@gmail.com

0 comments:

Post a Comment