Info Mudik : Memasukkan HP ke Jok Motor Akan Dihukum?

Foto postingan viral di Facebook
Informasi Publik - BloggerCirebons.co.id, Penting, bagi mereka yang mengemudi kendaraan roda dua dan terbiasa memasukkan handphone ke dalam jok motor sebaiknya segera akhiri kebiasaan tersebut. 

Karena, bukan hanya akan membahayakan diri sendiri akibat gangguan radiasi dan potensi bahaya percikan api di tangki bahan bakar. Juga bisa dipidana karena dianggap menggangu keselamatan dalam beralalu lintas di muka umum.

Tindakan itu juga tergolong melanggar undang-undang tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Berdasarkan informasi yang dihimpun Blogger Cirebons, ada Pasal 58 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan menyebutkan, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan dilarang memasang perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas.

Ada sanksi pidana jika aturan tersebut dilanggar oleh pengendara. Hal itu termasuk diatur dalam pasal 279 UU 22/2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan. Sesuai orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang dipasangi perlengkapan yang dapat mengganggu keselamatan berlalu lintas, sebagaimana dimaksud dalam pasal 58, dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp500 ribu.

Mulai saat ini masyarakat dihimbau untuk segera menghentikan kebiasaan menaruh handphone di jok motor demi menghindari potensi bahaya dalam berkendara. Karena beberapa waktu yang lalu, publik dikejutkan dengan postingan viral ledakan tangki motor akibat gelombang radiasi yang menimbulkan percikan listrik HP di jok motor. Namun hingga saat ini belum jelas kabar tersebut, apakah benar atau hoax.


Share on Google Plus

About Blogger Cirebon

Blogger Cirebon | Media Online Berbasis Komunitas | Telp/SMS : 087829888446 | Wa 08888301091 | E-Mail : bloggercirebons@gmail.com

0 comments:

Post a Comment